Expo Capstone Design 2024: Implementasi Ilmu Teknik Industri dalam Dunia Bisnis Kudus

Kudus, Sabtu, 13 Januari 2024 - Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus telah sukses menyelenggarakan Expo Capstone Design 2024. Acara prestisius ini melibatkan seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Capstone Design, sekaligus melibatkan UMKM dan perusahaan di Kudus. Expo ini digelar pada hari Sabtu, 13 Januari 2024, di Selasar Lantai V Gedung J Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus.
Dengan tema "Implementation of Industrial Engineering Knowledge in Business and Micro Small Medium Enterprise Kudus," Expo Capstone Design 2024 resmi dibuka oleh Arief Susanto, S.T., M.Kom., Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik. Kegiatan ini merupakan hasil dari mata kuliah Capstone Design Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus angkatan 2020.
 
Tujuan utama penyelenggaraan Expo Capstone Design 2024 adalah memberikan wadah bagi implementasi keilmuan Teknik Industri di UMK secara inovatif dan kreatif. Melalui acara ini, diharapkan mahasiswa dapat memberikan solusi terbaik untuk permasalahan dan kebutuhan yang dihadapi oleh perusahaan dan UMKM di Kudus.
 
Acara ini dirancang dalam bentuk pameran yang mencakup presentasi hasil produk Capstone Design oleh 9 kelompok mahasiswa. Pameran ini menampilkan berbagai produk seperti mesin produksi, packaging, tools produksi, alat pelindung diri berbasis ergonomi, sistem web, dan inovasi lainnya yang relevan dengan bidang Teknik Industri.
 
Dalam Expo Capstone Design 2024, pihak UMKM yang telah berkolaborasi dengan mahasiswa dalam pelaksanaan Capstone Design turut hadir sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya mahasiswa. Beberapa UMKM yang terlibat dalam acara ini antara lain Jati Ecoprinting, Kopi Muria Zayna, Sashi Snack, dan Sakira Teh Daun Kelor.
 
Pengunjung Expo dapat melihat secara langsung produk-produk inovatif yang dihasilkan oleh mahasiswa Teknik Industri. Produk tersebut tidak hanya memiliki nilai estetika yang tinggi, tetapi juga memberikan solusi nyata terhadap tantangan dan kebutuhan yang dihadapi oleh UMKM dan perusahaan di Kudus.
 
Expo Capstone Design 2024 menciptakan platform yang sangat positif untuk pertukaran ide antara mahasiswa, UMKM, dan perusahaan. Diharapkan bahwa inovasi yang dihasilkan melalui Capstone Design ini dapat menjadi kontribusi berarti dalam meningkatkan kualitas dan daya saing bisnis di Kudus.
 

Warta Teknik

Pemberitahuan Pelaksanaan KKN Tahun 2024

Kudus - Berdasarkan surat dari Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muria Kudus dengan nomor 312/LPPM.UMK/C.07.10/V/2024, tanggal 8 Mei 2024, kami ingin menyampaikan informasi penting terkait dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2024.

Luar Biasa: Dr. Ir. Muhammad Arifin Dosen Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus Raih Gelar Doktor Ketiga dengan IPK Sempurna

Kudus, 21 Maret 2024 - Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus dengan bangga mengumumkan prestasi gemilang yang diraih oleh salah satu dosen terbaiknya, Dr. Ir. Muhammad Arifin . Pada Rabu, 20 Maret 2024, Dr. Ir. Muhammad Arifin berhasil menyelesaikan ujian disertasi Program Studi Doktor Sistem Informasi di Sekolah Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.
 
Go to top