Keikutsertaan Mahasiswa Fakultas Teknik dalam MBKM

Selasa 28 Desember 2021 Wakil Rektor 1 .Universitas Muria Kudus mengajak Dekan, Wakil Dekan 1, Ka.Prodi, Ka. Lembaga, PIC MBKM serta Ka.TU dari berbagai Fakultas mengikuti seminar Hasil Pelaksanaan Bantuan Proposal Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021. Dari kegiatan tersebut juga dijelaskan kebijakan yang menjadi pelaksanaan kegiatan MBKM, diantaranya

1.    Kebijakan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Lingkungan Universitas Muria Kudus yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Muria Kudus Nomor 038/R.UMK/Kep/Sek/A.18.01/VI/2020.

2.    Panduan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Muria Kudus yang ditetapkan dengan Keputusan Rektor Universitas Muria Kudus Nomor: 039/R.UMK/Kep/sek/A.18.02/VI/2020.

3.    KeputusanRektor Nomor 041/R.UMK/Kep/Sek/A.18.03/IV 2021 tanggal 12 April 2021 tentang Bentuk Kegiatan Pembelajaran pada Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) di Lingkungan UMK.

Dari MBKM yang diselenggarakan oleh Dikti Kemendikbud, Universitas Muria Kudus telah mengikuti diantaranya: 

1.    Penerima Program Bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka(1Prodi PGSD)

2.    Program Kampus Mengajar Angkatan I Tahun 2021(20 mhs)

3.    Program Kampus Mengajar Angkatan IITahun 2021 ( 66 mhs)

4.    Penerima Bantuan Dana Program Transfer Kredit Internasional (10 mhs)

5.    Program MSIB (Magang  Student Independen Bersertifikat) (14 mhs)

6.    Program  Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2021 Angkatan I ( Pertukaran Mahasiswa Antar Pulau) (15 mhs)

Rina Fiati, ST., M.Cs mengungkapkan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus sangat tertarik dengan program yang diselenggarakan oleh Dikti Kemendikbud. Hal itu terlihat dari jumlah mahasiswa yang mengikuti program tersebut. Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro mengikuti Program MBKM Kemendikbud sebanyak 3 orang, dan yang mengikuti Program Magang Industri BUMN sebanyak 8 orang. Mahasiswa Teknik Mesin mengikuti Program Magang Industri BUMN sebanyak 14 orang, Sistem Informasi MBKM Kemendikbud sebanyak 12 orang Magang Industri BUMN 1 orang, Teknik Informatika mahasiswa yang mengikuti MBKM 5 orang, dan Magang Industri BUMN 4 orang, dan Program Studi Teknik Industri sementara hanya mengirimkan 1 mahasiswa saja untuk Magang Industri BUMN. Dan total mahasiswa yang mengikuti program MBKM baik yang diselenggarakan oleh Dikti Kemendikbud maupun Magang Industri BUMN sebanyak 215 mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa Universitas Muria Kudus pada umumnya dan Fakultas Teknik pada khususnya mampu bersaing dengan universitas lain tingkat nasional, selain itu Fakultas Teknik telah merespon dan mengikuti kegiatan terkait MBKM, seperti sosialisasi MBKM dari Kemendikbud dan LLDikti VI, peluncuran program MBKM Kemendikbud.

Dari hasil kegiatan MBKM yang sudah dilaksanakan, rekomendasi dan saran agar MBKM bisa tercapai dan terwujud dengan baik adalah sebagai berikut :  

 

  1. Penyempurnaan sarana dan prasarana pendukung baik secara administrasi, sistem informasi Terintegrasi untuk mendukung pelaksanaan MBKM  di Universitas Muria Kudus
  2. Melakukan update data mahasiswa yang ikut dalam program MBKM tiap semester di tingkat Universitas (untuk mengetahui data mahasiswa yang sudah lulus atau belum )
  3. Perlunya memberikan pembekalan bagi dosen pendamping, guna memberikan pembekalan pendampingan yang selaras dengan prosedur dan kultur yang ada di instansi tempat magang mahasiswa.
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas MoU dengan perusahaan atau instansi  sebagai mitra magang bagi mahasiswa
  5. Dilakukan monitoring dan evaluasi tiap program MBKM secara berkala.
  6. Peran PIC Universitas program MBKM dioptimalkan untuk berkoordinasi secara berkala dengan Fakultas, Prodi dan mahasiswa
  7. PKPA  perlu berkomunikasi dengan  Fakultas dan Program Studi  terkait program magang BUMN
  8. Perlu ada peningkatan koordinasi dan pendanaan untuk MBKM
  9. Adanya laporan kegiatan  mahasiswa  yang mengikuti MBKM Kemendikbud dan Internal UMK untuk di distribusikan ke Fakultas dan Program Studi.
 
 

Info Kopertis Wilayah VI

Info Dikti

Go to top