Menu

Pertama Kali Digelar, Lomba AutoCAD SMK Pantura

UMK – Untuk pertama kalinya, Program Studi (Progdi) Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (FT UMK) menggelar lomba AutoCAD untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Pantura yang meliputi Eks Karesidenan Pati, Eks Karesidenan Pekalongan dan Kota Semarang.
Lomba digelar di lantai III Gedung Pascasarjana UMK, , Selasa (12/5/2015).  Peserta lomba dalam kesempatan itu antara lain berasal dari SMK Nusantara 1 Comal (Pemalang), SMKN 2, SMK Nusantara, SMK Wisudha Karya, dan SMK NU Ma'arif (Kudus), SMKN 1 Semarang, SMK Tunas Harapan dan SMK Assalamah (Pati), serta SMKN 1 Jepara.

Taufik Hidayat MT., dosen Progdi Teknik Mesin mengatakan, lomba ini merupakan kegiatan dalam lingkup yang sangat terbatas, yaitu untuk siswa jurusan permesinan yang umumnya menguasai AutoCAD.

‘’Lomba ini kami harapkan bisa memberikan pengalaman baru bagi siswa sekaligus untuk meningkatkan skill (kemampuan) yang dimiliki di bidang AutoCad. Selain itu, untuk membangun ruang silaturahmi antarsiswa jurusan permesinan,’’ ujarnya.

Kendati lingkup terbatas, namun menurutnya antusiasme mengikuti loma ini sangat bagus. ‘’Banyak SMK yang tertarik ikut lomba ini. Maka ke depan, kami akan mengupayakan menggelar dalam lingkup yang lebih luas, paling tidak se Jawa Tengah,’’ terangnya.

Peserta asal SMK Tunas Harapan Pati, M. Slamet Riyadi, mengutarakan, tertarik mengikuti lomba yang diselenggarakan Progdi FT UMK. ‘’Dengan mengikuti lomba seperti ini, jadi tambah pengalaman dan banyak mengenal siswa lain dari berbagai kota,’’ ungkapnya.

Dia pun tidak terlalu meusingkan menang atau tidak. ‘’Yang penting dapat pengalaman dan teman-teman baru. Kalau menang, ya bersyukur. Kalau tidak, tidak apa-apa,’’ katanya yang pernah mengikuti salah satu kompetisi di bidang sejenis di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Sebab menurutnya, dalam setiap mengikuti kompetisi atau perlombaan, ada banyak manfaat yang dirasakan. ‘’Mengikuti lomba apapun, mesti dituntut banyak belajar dan berlatih. Inilah  yang memberikan kesan tersendiri, dan secara otomatis wawasan juga akan bertambah,’’ tuturnya. (Eros-Portal)

 

Info Kopertis Wilayah VI

Info Dikti

Go to top